Resep Cara Membuat Kue Jipang Tradisional

Posted by Admin Sebelah Monday, December 24, 2012 0 komentar
Bagikan Resep Dulu : Facebook Twitter Google+

Kue Jipang bukan permen jipang bukan biskuit jipang tergolong kue kering. Kue khas nusantara yang satu ini berbeda dengan kue lainnya. Asal usul kue jipang memang tidak begitu jelas, namun ada yang bilang kue ini berasal dari bugis dan menjadi salah satu kue tradisional khas bugis. Jipang lebih mirip rengginang dengan rasa manis terbuat dari beras ketan yang dibalut gula merah. Ada juga rasa pedas dan asin yang gurih. Kue jipang ini tidak menggunakan bahan pengawet jadi aman dikonsumsi baik untuk anak anak maupun dewasa.

Kue jipang dikenal juga dengan nama kue brondong untuk yang terbuat dari jagung. Jipang  jagung dan jipang beras ketan sama sama enak. Namun jipang jagung untuk saat ini lebih sulit ditemukan. Ada juga jipang kacang yang mirip seperti kue tingting yang belum ada itujipang dari singkong.

Kue jipang mudah kita jumpai di pasar pasar tradisional hingga toko kue yang biasanya menjual kue oleh oleh. Di daerah daerah pedesaan kue jipang juga sering disajikan sebagai kue lebaran. Untuk membuat jipang memerlukan sedikit ketelatenan mirip saat kita membuat kue wajik. Berikup resep membuat kue jipang beras ketan.

resep kue jipang

Bahan Membuat kue jipang :
beras Ketan 500 gr 
Gula merah 1 kg ( iris halus )
air

Cara membuat kue jipang
  • Cuci beras ketan sampai bersih kemudian kukus.
  • Masak gula merah yang telah diiris campurkan dengan air hingga mengental
  • Masak gula dan 500 cc air hingga kental kemudian Masukkan ketan, aduk sampai rata.
  • Tuangkan adonan jipang diatas atas cetakan  yang telah diolesi minyak lalu ratakan dan iris iris menjadi persegi empat sebelum dingin. Setelah dingin jipang siap dinikmati.
Jipang enak dinikmati sebagai cemilan atau teman secangkir kopi panas saat santai. Selamat mencoba resep membuat jipang tradisional. Selamat mencoba resep jipang tradisional jangan lupa untuk mencoba aneka kue tradisional lainnya yah.

data