Cara Membuat Kue Bacang Tradisional Enak dan Sedap

Posted by Admin Sebelah Saturday, November 3, 2012 0 komentar
Bagikan Resep Dulu : Facebook Twitter Google+

Bakcang atau Kue bacang termasuk jajanan tradisonal Tionghua yang telah lama dikenal di indonesia. Makanan bacang memiliki bentuk yang unik berbentuk limas segitiga di bungkus dengan daun bambu yang di ikat tali. Biasanya bacang diisi dengan  jamur, udang, daging bahakan jahe, seledri dan aneka sayuran lainnya.

Di indonesia sendiri kue bacang biasa diisi dengan abon atau oncom. Kue bacang Asli indonesia bisa disamakan dengan lemper atau arem arem yang dalam pembuatannya sama sama menggunakan beras dan isi. Perbedaan bacang dan lemper terletak dari cara membungkusnya, selain itu bacang lebih kaya bumbu sehingga memiliki rasa yang lebih sedap.

Dalam membuat bacang tidak terlalu sulit hanya saja saat membungkus membentuk limas segitiga memang kalo yang belum terbiasa akan merasa kesulitan. Untuk lebih jelasnya berikut resep cara membuat bacang enak dan sederhana :

Membuat Kue Bacang

Bahan Kue Bacang:
beras ketan 1 liter 
Bawang putih 3 siung
garam secukupnya
air 400 cc 

Bahan isi Bacang :
daging ayam 250 gram ( potong cincang)
udang kering 3 sendok makan 
8 buir telur asin, ambil merahnya
2 buah jamur hioko, rendam
bawang putih 5 siung  (cincang halus )
saus tiram 3 Sdm
kecap manis 4 sdm
kecap asin 1 sdm
gula pasir 3 sdm
lada 1 sdt
garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Resep Kue Bacang :
  • membuat isi : Panaskan minyak, tumis bawang sampai beraroma harum, setelah itu masukkan potongan daging ayam, udang kering, serta semua bumbu. Aduk, angkat dan sisihkan.
  • Untuk Beras : Panaskan minyak, tumis bawang putih sampai harum, kemudian masukan beras ketan tambahkan kecap dan garam. Aduk rata lalu masukan air sedikit demi sedikit, masak hingga air habis.
  • Selanjutnya bungkus beras dengan 2 lembar daun bambu membentuk contong kecil IKat rapi . Jangan lupa memasukan isi bacang kedalam beras.
  • Rebus bacang selama dua jam, bacang harus selalu terendam air agar matangnya sempurna.
  • Angkat dan tiriskan agar air dapat keluar. Bacang nikmat disantap hangat hangat.

Kue bacang tradisional ini bisa anda nikmati kapan saja, baik juga buat sarapan maupun untuk bekal perjalanan. Pastinya mengeyangkan, enak dan bergizi. Selamat mencoba resep bacang dirumah, semoga bermanfaat.Jangan lupa coba juga resep kue dari singkong yah.

data