Resep Cara Membuat Abon Ikan Lele Spesial

Posted by Admin Sebelah Sunday, October 14, 2012 3 komentar
Bagikan Resep Dulu : Facebook Twitter Google+

Abon ikan Lele merupakan Salah satu makanan dari ikan lele. Abon ikan spesial ini enak disajikan sebagai lauk nasi enak, isi kue lemper atau aneka campuran makanan. Abon lele memiliki kadar protein yang tinggi dan kadar kolestrol yang rendah. Bisa menjadi alternatif lain untuk yang tidak mengkonsumsi daging sapi.  

Kelebihan lain abon ikan lele dibanding dengan abon dari bahan  hewani lainnya karena ikan lele memiliki kadar Leusin dan Lisin yang cukup banyak. Leusin merupakan asam amino esensial yang berguna untuk perkembangan dan pertumbuhan anak anak serta menjaga keseimbangan nitrogen. Leusin juga bermanfaat untuk membentuk protein otot sehingga abon lele baik untuk ibu hamil dan anak anak

Soal rasa jangan salah, abon lele tak kalah dari abon sapi atau abon lainnya. Rasa abon lele lebih gurih dari abon sapi. Sekarang bisnis abon lele juga mulai dilirik oleh para usahawan karena memiliki nilai ekonomi yang baik. Usaha abon lele ini bisa dijalankan mulai dari usaha menengah keatas dan menengah kebawah.

Harga abon lele yang relatif terjangkau berkisar Rp 8.000 - Rp 10.000 membuat konsumen abon lele bervariasi mulai dari kalangan menengah kebawah sampai kalangan berada. Bahkan usaha abon ikan lele ada yang sudah sampai ke luar negeri.

Jika anda ingin membuat abon lele anda bisa mencoba resep membuat abon ikan lele. Abon dari ikan lele ini merupakan jajanan enak yang bisa juga dijadikan untuk isi roti dan kue biasa dijadikan untuk taburan atau isi. Jadi tak ada salahnya kan, berikut resep dan proses pembuatan abon lele.

Abon Ikan Lele


Bahan Membuat Abon Lele
10 kg Lele Segar
Gula Pasir 1 kg
3 kg Gula Merah
100 gram Jahe
10 batang Sereh
50 gram Ketumbar
250 gram Lengkuas
10 lembar Daun Salam
250 gram Bawang Putih
250 gram Bawang Merah
100 gram Asam Jawa  ( rebus memakai air 200 cc saring untuk diambil airnya )
Garam secukupnya
2 kg Minyak goreng

Proses Pembuatan Abon Ikan Lele
  • Siapkan ikan lele segar yang telah dimatikan kemudian potong bagian kepalanya lalu pisahkan kulit dan daging setelah itu bersihkan isi perutnya. Selanjutnya pisahkan antara daging dan tulang. sisihkan
  • Kukus daging ikan lele yang telah dibersihkan sampai matang, dinginkan.
  • Suwiri daging ikan lele bisa menggunakan garpu sampai halus.
  • Persiapkan bumbu-bumbu, haluskan   lengkuas, bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar,  kemudian bumbu yang telah halus ditumis dengan minyak goreng sampai beraroma harum, Masukan  daun salam serta sereh kemudian tambahkan air gula pasir, gula merah, asam jawa dan garam. 
  • Selanjutnya masukan daging ikan lele yang telah dihaluskan. Aduk sampai bumbu meresap.
  • Panaskan minyak goreng kemudian goreng daging ikan lele sedikit demi sedikit secara bertahap sampai bewarna kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  • Langakah selanjutnya masukkan daging ikan dalam alat pengepres minyak untuk mengurangi kadar minyak agar tidak tengik dan mudah basi.
  • Abon lele siap disajikan, simpan dalam toples atau plastik kedap udara agar lebih tahan lama
Abon lele dapat bertahan lama sampai beberapa bulan, jika anda menyimpannya dengan benar abon lele dapat bertahan sampai 3 bulan. Abon lele mudah dibuat dan tidak  memerlukan penganan khusus dan memiliki banyak manfaat. Anda dapat membuat abon lele ini untuk dikonsumsi sendiri atau bisa juga untuk bisnis. Selamat mencoba resep membuat abon ikan lele. Semoga bermanfaat.

data