Membuat Kue Mino Mini Nopia Khas Purwokerto

Posted by Admin Sebelah Friday, October 19, 2012 0 komentar
Bagikan Resep Dulu : Facebook Twitter Google+

Kue Mini Nopia unik dengan bentuk mirip telur dan rata pada salah satu sisinya. Kue unik ini dikenal juga dengan nama kue Mino . Ada juga yang menyebutnya kue pia telur gajah. Kue nopia dengan ukuran yang kecil dikenal dengan nama Kue Mino atau Kue Mini NOpia. Kue ini merupakah oleh oleh dari kota purwokerto mudah kita jumpai di sepanjang jalan purwokerto - sokaraja. Biasa dijual di tempat menjual oleh oleh getuk goreng dan aneka kue lainnya. Kue ini banyak diproduksi di kabupaten  Banyumas dan Purbalingga.

Kue kering ini memiliki tekstur kulit yang keras namun halus dan renyah dengan isi toping gula merah beraroma bawang merah ( brambang ). Gula merah yang menempel didalam dinding kulit kue terasa legit saat digigit. Sekarang selain rasa gula jawa beraroma bawang merah kue Nopia dan Mino atau mini nopia tersedia juga dengan berbagai aneka macam rasa seperti durian, nangkar, coklat, pandan dan masih banyak lagi.

Kue khas purwokerto ini hanya dibuat menggunakan adonan tepung terigu yang diisi gula merah atau gula jawa. Yang unik adalah proses memanggangnya dan berbeda dari kue manapun di dunia ini yang pernah saya tahu. Proses memanggangnya masih sangat sederhana yakni dengan tungku mirip sumur terbuat dari tanah liat yang dalamnya dibakar menggunakan batok kelapa atau kayu bakar pelepah pohon kelapa baru kemudian Kue Nopia ini ditempelkan di dinding tungku. Dalam keadaan tungku yang masih panas menyebabkan kue nopia ini mengembung dan menciptakan kue yang unik dan khas.

Aneka Kue Mino mini nopia

Setelah matang kue mino diambil dari pemanggang untuk diperiksa kondisinya. Kue Nopia yang bagus dan layak dijual akan berberbentuk bulat dan rata. Terkadang isi kue nopia ada juga yang keluar disebabkan karena suhu yang terlalu panas, isi yang terlalu banyak atau karena hal lain. KUe dengan isi yang keluar ini masih layak dikonsumsi dan dijual dengan harga yang lebih murah. Berikut proses pembuatan Kue Nopia atau Mini Nopia :
  • Campurkan tepung terigu dengan air kemudian diaduk aduk sampai rata.
  • Adonan tepung terigu dibentuk bulat sebesar ibu jari dan pipihkan pada bagian tengah diberi gula merah yang telah dihaluskan. Tutup gula merah dan bentuk bulat kembali.
  • Selanjutnya panaskan pemanggang mino dengan kayu bakar sampai apinya mati dan ambil abu dan baranya agar tidak mengotori kue.
  • Adonan Kue mino ditempelkan di dinding bagian dalam panggangan kue selama 30 Menit. Angkat kue mino yang telah mengembang siap untuk dinikmati. simpan kue dalam plastik atau toples agar kue mino dapat bertahan lama.
Isi kue mino pada dasarnya hanyalah gula jawa. Untuk membuat kue mino aneka rasa campur gula jawa dengan coklat, rasa durian, nangka atau lainnya. Ternyata membuat kue mino ini cukup mudah dan cukup menantang yah. Semoga artikel ini bermanfaat.

data