Resep Cara Membuat Yangko Jogja Istimewa

Posted by Admin Sebelah Sunday, September 9, 2012 0 komentar
Bagikan Resep Dulu : Facebook Twitter Google+

Yangko merupakan jajanan khas kota Yogyakarta berbentuk kotak dengan baluran tepung biasanya tepung maizena atau tepung terigu. Kue Yangko terbuat dari ketan putih sehingga memiliki teksture yang lembut dan kenyal. Aslinya kue yangko ini di isi dengan kacang tanah tapi kebanyakan sekarang yangko yang dijual di toko oleh oleh tanpa isi tapi rasanya tetap enak kok. Terkadang ada orang yang salah mengatakan kue wingko dan kue yangko, mungkin karena namanya yang mirip padahal kedua kue ini sangat berbeda.

Kue  yangko ini jika di samakan dengan kue jepang mungkin sama dengan moci. Namun ada yang berbeda, yangko tidak lembek seperti moci serta tidak sekenyal moci bentuknya kotak. Yangko juga memiliki wangi harum yang khas menggoda selera. Asal usul kue yangko ada yang bilang kue ini dari kata kiyangko yang kemudian dikenalkan oleh mbah ireng sejak tahun 1921 dan baru pada tahun 1939 yangko dikenal luas di masyarakat.

Yangko selalu mengikuti zaman sehingga yangko tetap disukai oleh masyarakat. Dalam perkembangannya cara membuat yangko tanpa isi dan digantikan dengan yangko aneka rasa dengan menambah esense rasa buah saat membuat adonan.  Bentuknya tidak banyak berubah sejak dahulu kala yaitu kotak kecil dan tetap keyal, lembut dan manis.

Kue tradisional ini mudah ditemukan di hampir semua tempat wisata dan toko jajanan di yogyakarta bahkan juga toko oleh oleh diluar yogyakarta seperti magelang. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung merk dan tempat yangko dijual. Biasanya antara 8000 sampai 10000 perkotak ( saat tulisan ini dibuat ) dari toko produksi. Namun jika anda membeli kue yangko ini di pusat oleh oleh harganya akan lebih mahal antara 13.000 – 15.000 apalagi jika di tempat tempat wisata atau tempat tempat umum.

Untuk membuat yangko tradisional sebenarnya tidaklah sulit. Namun memang memerlukan kesabaran dan ketelitian. Untuk membuat yangko yang berkualitas baik biasannya para produsen yangko membuat sendiri tepung beras ketannya. Namun jika anda ingin mencoba coba resep yangko sendiri boleh saja anda membeli tepung beras ketan untuk membuat yangko.  Berikut resep membuat yangko jogja :

membuat Yangko khas Jogjakarta

Resep Bahan Membuat Yangko
Tepung ketan 500g
margarin 2 sdm
santan 300 ml (1/2 butir kelapa)
garam secukupnya
tepung maizena 100g ( untuk taburan dapat juga menggunakan tepung terigu )
Resep Isi Yangko
Kacang Tanah 140 g 
gula pasir 140 g

Cara membuat yangko jogja
  • isi yangko : kacang tanah ditumbuk kemudian disangrai sampai halus kemudian masuka gula pasir sambil di aduk rata.  Sisihkan
  • Aduk tepung ketan dengan air sampai rata kemudian saring adonan bisa menggunakan kain bersih.
  • Masukan margarin yang telah dilelehkan aduk rata sambil memasukan air santan, garam dan pewarna. aduk rata kembali.
  • Siapkan loyang, alasi dengan plastik setelah itu tuangkan adonan yangko ke dalam loyang. Kukus adonan selama kurang lebih 45 menit sampai matang. Angkat dan dinginkan.
  • Keluarkan yangko yang telah masak dari loyang dan bagi menjadi dua bagian.
  • Berikan adonan isi di salah satu yangko dan ratakan, Tutup dengan yangko lainnya.
  • Potong kotak yangko setelah itu guling gulingkan dengan tepung maizena. Bungkus Yangko dengan kertas minyak.
Yangko memang mudah dibuat seperti saat memakannya. Kue yangko ini mudah ditemui di pusat oleh leh di jogja. Jika anda pergi ke jogja jangan lupa membeli yangko sebagai buah tangan atau boleh juga jika anda ingin membuat yangko sendiri, Silakan anda mencoba resep membuat yangko jogja dirumah. Semoga bermanfaat.

data