Tips Membuat Roti Goreng dan Donut Dijamin Sukses !

Posted by Admin Sebelah Wednesday, June 27, 2012 0 komentar
Bagikan Resep Dulu : Facebook Twitter Google+

Membuat Roti goreng memang mengasikan, apalagi jika kita bisa berhasil membuat roti goreng yang enak. Sebelum membuat kue goreng kta perlu mengetahui  bahab apa saja yang kita perlukan jika ingin membuat kue goreng. Mari kita kenali  bahan utama untuk membuat berbagai kue dan roti goreng agar kita lebih paham ketika mengolahnya.

Tepung terigu
Tepung terigu adalah bahan utama untuk memasak kue, hampir setiap kue dibuat dengan tepung ini. Digunakan juga  untuk membuat roti goreng , tepung terigu memiliki protein yang cukup berkisar  11% - 13% tepung yang seperti inilah yang cocok untuk membuat kue dan aneka kue lainnya. Bila anda menginginkan hasil roti yang ringan, empuk dan tidak membal anda dapat memillih tepung terigu dengan kandungan protein yang  sedang. Namun, jika anda menginginkan hasil roti yang besar, dan mengembang, gunakan saja  tepung terigu dengan protein yang  tinggi.

Gula
Sebaiknya Gula yang anda gunakan  dalam campuran adonan tidak lebih dari 15% dari berat tepung, misal: dalam tepung  1 Kg :  maka gunakan max 150 g gula. fungsi gula adalah sebagai pemberi rasa dan warna, juga sebagai makanan untuk ragi, membuat roti empuk serta menjadikan  daya tahan roti jadi lebih lama.


Membuat Kue Goreng 

Garam
Garam sebagai pemberi rasa dan mengontrol fermentasi. Perlu diingat, jangan mencampur garam pada ragi, karena dapat menghambat proses fermentasi serta dapat menyebabkan ragi mati. Saat mencampur, sebaiknya garam dimasukkan ketika rago dan bahan kering lainnya selesao dicampur ke dalam tepung.

Margarin Mentega
Lemak disini berfungsi sebagai pelumas adonan, memberi rasa gurih renyah dan aroma yang lezat serta membuat roti Iebih tahan ama.

Susu bubuk/ susu coin
Selain sebagai pemberi rasa pada roti dan kue kering, susu juga membantu proses fermentasi. Yang perlu diperhathkan adalah, apabila menggunakan susu cair, maka kurangi cairan yang digunakan untuk menghindari adonan terlalu lembek.

Telur
Kuning telur maupun telur utuh selain membuat roti lebih empuk karena dalam kuning telur terdapat lecithin alami yang berfungsi sebagai ornulsifiur (pengempuk), juga untuk menambah volume roti. Menghindari adorioni turun/menciut ketika digoreng.

Minyak padat
Minyak padat merupakan minyak yang dibuat khusus menggunakan kemampuan panas suhu mencapal 1900C — 200°C. gunanya, jika pada minyak cair strukturnya akan rusak pada suhu 170°C, maka pada minyak padat mampu bertahan hingga suhu 200°C. Jadi adonan roti yang siap digoreng ketika dimasukkan ke dalam minyak padat yang sudah panas, karena sangat panas Iangsung membuat lapisan tipis pada permukaannya atau matang di kulit luar sehingga minyak tidak masuk ke dalam roti.

Ragi instan
Berfungsi untuk membuat roti mengembang dengan menghasilkan gas C02
roti Serta aroma pada roti.

Improver
Berfungsi untuk membuaf fermentasi lebih balk, membuat roti lebih empuk dan tahan ama.

Air
Air sebagai pengikat semua bahan sehingga ketika adonan dicampur dapat membentuk gluten.

Baking powder
Memberi efek mengembang ketika digoreng sehingga Iebih mekar dan mengurangi penyerapan minyak.

data